Latihan Soal Pemantulan dan Pembiasan Cahaya (kelas 8) | Assesment Satoe

Mei 20, 2012

Latihan Soal Pemantulan dan Pembiasan Cahaya (kelas 8)

1.    Sebuah benda berada di depan 2 buah cermin datar yang membentuk sudut satu sama lain. Jika banyaknya bayangan yang terbentuk adalah 7 buah, maka berapakah sudut antara kedua cermin datar itu?
2.    Sebuah lilin berada di antara 2 buah cermin datar yang membentuk sudut satu sama lain. Jika banyaknya bayangan lilin yang terlihat adalah 5 buah, maka berapakah sudut antara kedua cermin datar itu?
3.    Bila kita berdiri di antara 2 cermin datar yang membentuk sudut 90° satu sama lain, maka berapakah jumlah bayangan yang akan kita lihat?
4.    Bila sebuah benda diletakkan di antara 2 cermin datar yang membentuk sudut 45° satu sama lain, maka berapakah jumlah bayangan benda yang terbentuk?
5.    Seorang anak dapat melihat seluruh tubuhnya melalui cermin vertikal di depannya. Jika tinggi cermin datar di depannya ½ m, maka berapakah tinggi anak itu?
6.    Budi dapat melihat seluruh tubuhnya melalui cermin vertikal di depannya. Jika tinggi cermin datar di depannya 80 cm, maka berapa meter tinggi Budi?
7.    Dewi yang tingginya 1,6 m membeli sebuah cermin datar yang panjangnya tepat untuk melihat bayangannya sendiri. Berapa panjang cermin itu?
8.    Seorang anak yang tingginya 145 cm membeli sebuah cermin datar yang panjangnya tepat untuk melihat bayangannya sendiri. Berapa panjang cermin itu?
9.    Bila jarak Citra ke cermin datar adalah 2 meter, berapakah jarak bayangan Citra ke cermin datar?
10.    Bila sudut yang dibentuk antara sinar datang dan sinar pantul adalah 90°, berapakah sudut datangnya?

B.    Cermin


 
R = jari-jari kelengkungan cermin (m)
f = fokus cermin (m)
s = jarak benda (m)
s’ = jarak bayangan (m)

M = perbesaran (x)
h = tinggi benda (m)
h’ = tinggi bayangan (m)


* Cekung [ fokus + ]

1.    Sebuah benda yang berada di depan sebuah cermin cekung berjari-jari kelengkungan 20 cm membentuk bayangan nyata yang berada 12 cm di depan cermin. Berapakah jarak benda dari cermin? Berapakah perbesarannya? (60 cm) (1/5 x)
2.    Sebuah benda yang berada 15 cm di depan sebuah cermin cekung membentuk bayangan nyata 30 cm di depan cermin. Berapakah jari-jari kelengkungan cermin? (20 cm)
3.    Sebuah benda berada 30 cm di depan cermin cekung. Jika jari-jari kelengkungan cermin itu 45 cm, maka berapakah jarak bayangannya? (90 cm)
4.    Sebuah benda yang berada di depan cermin cekung membentuk bayangan di tempat yang sama dengan benda itu. Jika jari-jari kelengkungan cermin 30 cm, maka berapakah jarak benda dari cermin?
5.    Sebuah benda berada 75 cm di depan cermin cekung yang jari-jari kelengkungannya 60 cm. Di mana letak bayangannya dan bagaimana sifatnya? (50 cm)
6.    Sebuah benda berada 15 cm di depan cermin cekung yang jari-jari kelengkungannya 60 cm. Di manakan letak bayangan dan bagaimana sifat serta kedudukannya? (- 30 cm)
7.    Sebuah cermin cekung yang jari-jari kelengkungannya 40 cm membentuk bayangan nyata yang tingginya 4 cm dan terletak 60 cm dari cermin. Di mana letak benda dan berapa tingginya? (30 cm) (2 cm)
8.    Sebuah benda yang tingginya 12 cm terletak 60 cm di depan cermin cekung yang jari-jari kelengkungannya 30 cm. Di mana letak bayangan dan berapa tingginya? (20 cm) (4 cm)
9.    Sebuah benda diletakkan pada jarak 6 cm di depan cermin cekung dan bayangan yang terbentuk berjarak 30 cm dari cermin. Berapa jarak focus cermin? (5 cm)
10.    Sebuah cermin cekung mempunyai jari-jari kelengkungan 8 cm menghasilkan bayangan nyata pada jarak 12 cm. Berapa perbesaran yang terjadi? (2 x)

* Cembung [ fokus – ]

11.    Sebuah benda berada 30 cm di depan cermin cembung. Jika jarak bayangan maya yang tebentuk 10 cm, maka berapa jarak titik apinya? Berapa perbesarannya? (- 15 cm) (1/3 x)
12.    Sebuah benda berada 60 cm di depan cermin cembung dengan jari-jari kelengkungan 80 cm. Di mana letak bayangan dan bagaimana sifatnya? (120 cm)
13.    Sebuah benda maya berada 20 cm di belakang cermin cembung yang jari-jari kelengkungannya 80 cm. Di mana letak bayangan dan bagaimana sifatnya? (40 cm)
14.    Sebuah benda terletak 24 cm di depan cermin cembung yang jarak titik apinya 12 cm. Di mana letak bayangan dan berapa tingginya jika tinggi benda 12 cm? (24 cm) (12 cm)
15.    Sebuah benda maya berada 60 cm di belakang cermin cembung yang jari-jari kelengkungannya 80 cm. Di mana letak bayangan? (- 120 cm)
16.    Sebuah benda berada 72 cm di depan cermin cembung dan membentuk bayangan maya yang berada 24 cm dari cermin. Tinggi benda itu 18 cm. Berapakah jari-jari kelengkungan cermin dan berapa tinggi bayangan? (- 72 cm) (6 cm)
17.    Sebuah benda maya berada 120 cm di belakang cermin cembung yang jari-jari kelengkungannya 80 cm. Di mana letak bayangan? (- 60 cm)
18.    Sebuah benda berada 9 cm di depan cermin cembung yang jari-jari kelengkungannya 36 cm. Di mana letak bayangan dan berapa tinggi bayangan jika tinggi benda 12 cm? (-6 cm) (8 cm)
19.    Jika sebuah benda diletakkan 30 cm di depan cermin cembung, maka terbentuk sebuah bayangan maya yang besarnya 1/3 besar benda itu. Berapa jari-jari kelengkungan cermin? (- 30 cm)
20.    Berapa jauh lampu harus diletakkan dari sebuah cermin cembung agar terbentuk bayangan yang tingginya ½ x tinggi lampu? Jari-jari kelengkungan cermin 60 cm. (- 90 cm)

C.    Melukis Bayangan pada Cermin

1.    Lukis diagram pembentukan bayangan pada cermin cekung untuk benda yang diletakkan di depan cermin pada jarak: (fokus = 3 cm, tinggi bayangan 1 cm)
a.    lebih besar dari 2f
b.    sama dengan 2f
c.    di antara f dan 2f
d.    sama dengan f
e.    lebih kecil dari f
2.    Lukis diagram pembentukan bayangan pada cermin cembung untuk benda yang diletakkan di depan cermin pada jarak: (fokus = 3 cm, tinggi bayangan 1 cm)
a.    lebih besar dari 2f
b.    sama dengan 2f
c.    di antara f dan 2f
d.    sama dengan f
e.    lebih kecil dari f

D.    Lensa

1.    Sebuah lensa cembung memiliki jarak fokus 40 cm. Berapa dioptri kuat lensa itu? (2,5 dioptri)
2.    Berapa jarak fokus lensa yang kuat lensanya -2 dioptri? (-0,5 m)
3.    Sebuah benda diletakkan di depan lensa konvergen yang jarak fokusnya 15 cm. Tentukan: (a) letak bayangan (30 cm), (b) perbesaran bayangan (-1 x), (c) sifat bayangan (nyata, terbalik, sama besar).
4.    Ulangi SOAL no 6 untuk lensa divergen (-10 cm), (1/3 x), (maya, tegak, diperkecil).
5.    Jarak fokus lensa adalah (a) 50 cm, (b) -25 cm. Berapa dioptri kuat lensa pada (a) dan (b)? (2 dioptri dan -4 dioptri)
6.    Berapa jarak fokus lensa yang kuat lensanya (a) – 2/3 dioptri (b) 5/3 dioptri?
7.    Sebuah benda ditempatkan 5 cm dari lensa cembung yang jarak fokusnya 10 cm. Bila tinggi benda 4 cm, tinggi bayangannya … cm. (8 cm)
8.    Sebuah pensil diletakkan tegak lurus di depan lensa pada jarak 20 cm, ternyata membentuk bayangan nyata pada jarak 60 cm dari lensa. Jarak titik api lensa itu adalah … cm. (15 cm)
9.    Sebuah benda terletak pada jarak 30 cm dari lensa cembung yang titik fokusnya berjarak 20 cm. Letak bayangannya adalah … cm di belakang atau depan lensa? (60 cm di belakang lensa).
10.    Sebuah benda diletakkan pada jarak 15 cm di depan lensa cekung yang jarak fokusnya 10 cm. Bayangannya terletak … cm di depan atau belakang lensa? (6 cm di depan lensa).

E.    Indeks Bias

1.    Cahaya merambat dari udara ke gelas (indeks bias = 3/2). Berapa cepat rambat cahaya dalam gelas?
2.    Cahaya merambat dari udara ke dalam air (indeks bias = 4/3). Jika panjang gelombang cahaya di udara 5000 Ǻ, berapa panjang gelombang cahaya dalam air?
3.    Cahaya merambat dari udara ke dalam intan (indeks bias = 2,4). Jika cepat rambat cahaya di udara adalah 300 juta m/s, berapa cepat rambat cahaya dalam intan?
4.    Cahaya merambat dari air ke udara (indeks bias = 4/3). Jika panjang gelombang cahaya di air adalah 6000 Ǻ, berapa panjang gelombang cahaya di udara?
5.    Cahaya datang dari udara ke suatu zat cair. Jika cepat rambat cahaya dalam zat cair adalah 240 juta m/s, berapa indeks bias zat cair itu?

Related Posts by Categories

Artikel Terkait:

PENILAIAN Satoe SatoE in ActioN All About OUR Activities BloGgeR